Survey Kepuasan Masyarakat

Tujuan

Survei Indeks Kepuasan Masyarakat ini dilakukan untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap seluruh pelayanan yang diselenggarakan di PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim Berdasarkan tujuan tersebut, menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No.14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat bahwa terdapat 9 Aspek yang digunakan untuk mengukur kepuasan masyarakat. Aspek tersebut antara laiin:

  1. Persyaratan (U1)
  2. Sistem, Mekanisme, dan Prosedur (U2)
  3. Waktu Pelayanan (U3)
  4. Biaya/Tarif (U4)
  5. Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan (U5)
  6. Kompetensi Pelaksana (U6)
  7. Perilaku Pelaksana (U7)
  8. Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan (U8)
  9. Sarana dan Prasarana (U9)

 

Kemudian, Indeks Kepuasan Masyarakat dapat dikategorikan menjadi empat kategori, yaitu kategori Tidak Baik (25,00 – 64,99), Kurang Baik (65,00 – 76,60), Baik (76,61 – 88,30), dan Sangat Baik (88,31 – 100,0). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat table sebagai berikut:

Nilai Interval

Nilai Interval Konversi

Mutu Pelayanan

Kinerja Unit Pelayanan

1,00 – 2,5996

25,00 – 64,99

D

Tidak Baik

2,60 – 3,064

65,00 – 76,60

C

Kurang Baik

3,0644 – 3,532

76.61 – 88,30

B

Baik

3,5324 – 4,00

88,31 – 100,00

A

Sangat Baik

Tabel 1 : Standar sesuai Permenpan RB nomor 14 tahun 2017

 

Hasil Survei

Karakteristik Responden
Dari hasil survei, jumlah responden yang memberikan penilaian terhadap PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim adalah sebanyak 354 orang dengan berbagai karakteristik. Berikut ini karakteristik responden berdasarkan Layanan yang diberikan oleh PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim.

 

Keterangan Jumlah Layanan PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim

No

Produk Layanan

Jumlah

1

Legalisir Berkas

89

2

Izin Penelitian

3

3

Izin Sosialisasi

40

4

Magang/PKL

0

5

Surat Keterangan/Rekomendasi

38

6

Konsultasi Wali dan Siswa

20

7

Kunjungan/Survey

164

Total Survey Layanan

354

 Penilaian Responden

Survei kepuasan masyarakat dilaksanakan dengan menanyakan beberapa pertanyaan yang didalamnya terdapat indikator diantaranya tentang kejelasan informasi dan alur pelayanan, petugas puskesmas, tarif, hasil pelayanan, serta sarana dan prasarana di PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim. Ada 13 pertanyaan yang ditanyakan, dan dari pertanyaan tersebut responden memberikan 9 penilaian sesuai dengan Permenpan RB Nomor 14 tahun 2017 yang kemudian penilaian tersebut diberikan skoring dari 1-4. Hasil Penilaian Responden tentang Pelayanan di PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim adalah sebagai berikut:

No

Mutu Pelayanan

IKM

1

Kemudahan Syarat Pelayanan

90.37

2

Kemudahan Prosedur Pelayanan

89.76

3

Kecepatan/Ketepatan Waktu Pelayanan

86.13

4

Biaya/Tarif

100.00

5

Produk Spesifikasi Jenis Layanan

87.72

6

Kompetensi Pelaksanaan

85.37

7

Perilaku Pelakana

83.17

8

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

82.18

9

Sarana dan Prasarana

81.20

TOTAL NILAI

87.32

Mutu Pelayanan : B

Kinerja Unit Pelayanan : Baik

Sumber : Rekapitulasi Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim Tahun 2022

Dari hasil penilaian, mayoritas responden memberikan penilaian positif yang mana rata-rata skor keseluruhan adalah 87,32 yang jika nilai itu dikonversi mendapat predikat BAIK.