Tujuan
Survei Indeks Kepuasan Masyarakat ini dilakukan untuk mengukur kepuasan masyarakat terhadap seluruh pelayanan yang diselenggarakan di PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim Berdasarkan tujuan tersebut, menurut Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No.14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat bahwa terdapat 9 Aspek yang digunakan untuk mengukur kepuasan masyarakat. Aspek tersebut antara laiin:
- Persyaratan (U1)
- Sistem, Mekanisme, dan Prosedur (U2)
- Waktu Pelayanan (U3)
- Biaya/Tarif (U4)
- Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan (U5)
- Kompetensi Pelaksana (U6)
- Perilaku Pelaksana (U7)
- Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan (U8)
- Sarana dan Prasarana (U9)
Kemudian, Indeks Kepuasan Masyarakat dapat dikategorikan menjadi empat kategori, yaitu kategori Tidak Baik (25,00 – 64,99), Kurang Baik (65,00 – 76,60), Baik (76,61 – 88,30), dan Sangat Baik (88,31 – 100,0). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat table sebagai berikut:
Nilai Interval | Nilai Interval Konversi | Mutu Pelayanan | Kinerja Unit Pelayanan |
1,00 – 2,5996 | 25,00 – 64,99 | D | Tidak Baik |
2,60 – 3,064 | 65,00 – 76,60 | C | Kurang Baik |
3,0644 – 3,532 | 76.61 – 88,30 | B | Baik |
3,5324 – 4,00 | 88,31 – 100,00 | A | Sangat Baik |
Tabel 1 : Standar sesuai Permenpan RB nomor 14 tahun 2017
Hasil Survei
Karakteristik Responden
Dari hasil survei, jumlah responden yang memberikan penilaian terhadap PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim adalah sebanyak 354 orang dengan berbagai karakteristik. Berikut ini karakteristik responden berdasarkan Layanan yang diberikan oleh PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim.
Keterangan Jumlah Layanan PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim
No | Produk Layanan | Jumlah |
1 | Legalisir Berkas | 89 |
2 | Izin Penelitian | 3 |
3 | Izin Sosialisasi | 40 |
4 | Magang/PKL | 0 |
5 | Surat Keterangan/Rekomendasi | 38 |
6 | Konsultasi Wali dan Siswa | 20 |
7 | Kunjungan/Survey | 164 |
Total Survey Layanan | 354 |
Penilaian Responden
Survei kepuasan masyarakat dilaksanakan dengan menanyakan beberapa pertanyaan yang didalamnya terdapat indikator diantaranya tentang kejelasan informasi dan alur pelayanan, petugas puskesmas, tarif, hasil pelayanan, serta sarana dan prasarana di PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim. Ada 13 pertanyaan yang ditanyakan, dan dari pertanyaan tersebut responden memberikan 9 penilaian sesuai dengan Permenpan RB Nomor 14 tahun 2017 yang kemudian penilaian tersebut diberikan skoring dari 1-4. Hasil Penilaian Responden tentang Pelayanan di PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim adalah sebagai berikut:
No | Mutu Pelayanan | IKM |
1 | Kemudahan Syarat Pelayanan | 90.37 |
2 | Kemudahan Prosedur Pelayanan | 89.76 |
3 | Kecepatan/Ketepatan Waktu Pelayanan | 86.13 |
4 | Biaya/Tarif | 100.00 |
5 | Produk Spesifikasi Jenis Layanan | 87.72 |
6 | Kompetensi Pelaksanaan | 85.37 |
7 | Perilaku Pelakana | 83.17 |
8 | Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan | 82.18 |
9 | Sarana dan Prasarana | 81.20 |
TOTAL NILAI | 87.32 | |
Mutu Pelayanan : B | ||
Kinerja Unit Pelayanan : Baik |
Sumber : Rekapitulasi Hasil Survey Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap Layanan PTSP MTs Negeri 1 Muara Enim Tahun 2022
Dari hasil penilaian, mayoritas responden memberikan penilaian positif yang mana rata-rata skor keseluruhan adalah 87,32 yang jika nilai itu dikonversi mendapat predikat BAIK.